Rabu, 23 Mei 2012

PONSEL SEBAGAI ALAT PENGAMAN MOTOR

Meningkatnya tindak kejahatan terutama motor menjadi sumber ide bagi tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Mereka yaitu Ferdian Teguh Catur Wijanarko, Yunior Lanang Satrio dan M Khoirul Muttaqin menciptakan alat sistem peringatan untuk kendaraan bermotor dengan memanfaatkan fasilitas miscall . Mahasiswa jurusan teknik elektro fakultas teknik UM itu membuat alat itu secara sederhana dan murah. Perangkatnya cukup memanfaatkan telepon seluler, mikrokontroler dan bahan penunjang lainnya.
“Kami membuat ini karena sistim alarm dan kunci pengaman sudah bisa dibobol pencuri. Dengan alat ini, pesan akan tersampaikan langsung ke pemilik kendaraan,” terang Ferdian pekan lalu. Cara menghidupkan motor juga seperti biasa tanpa memasukkan kode khusus. Yang unik, jika proses miscall telah diulang sebanyak empat kali, maka kendaraan yang melaju akan mati sendiri. “Ini akan membuat pencuri kendaraan jadi lebih mudah ditangkap karena mereka tidak akan mampu melarikan diri dalam jarak yang jauh dari tempat parkir kendaraan semula,” jelasnya.
Menurut Yunior Lanang Satrio, pembuatan alat ini cukup memakan waktu yang lama mengingat mereka harus melakukan delapan jenis pengujian mulai dari pengujian ponsel yang akan digunakan hingga arus dan tegangan. Namun hasil yang mereka dapatkan cukup memuaskan bahkan saat dibawa ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), tim ini menyumbangkan perunggu untuk UM. “Agar alat ini bisa berfungsi, maka pengendara harus menggunakan dua ponsel. Satu untuk dipasang di kendaraan bermotornya,” tutur Satrio.
Meskipun ide awal mereka hanya menciptakan alat pengaman untuk motor namun alat ini juga bisa digunakan untuk mobil. Diharapkan penemuan ini bisa dilirik produsen kendaraan bermotor sehingga bisa mengembangkannya ke dalam sistim yang lebih sederhana dan efisien. “Kami yakin penemuan seperti ini akan diminati banyak pengendara,” tandasnya. Tetapi, lanjutnya, karena masih diproduksi terbatas dan masih bersifat sebagai tambahan aksesoris di luar komponen kendaraan akan menyulitkan pembuatan alat ini karena harus menyesuaikan dulu dengan bentuk kendaraannya.
Sumber : http://www.cyberforums.us/showthread.php?t=5540

Buat agan ada info bagus nih, Cuma isi survei dibayar Rp 2.000,00/survei. Sehari bisa survei 100 data berarti dapat Rp 200.000,00, Pelajari Selengkapnya di http://kerjapraktisonline.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Blog_Nya Made © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute