Rawatlah motor secara berkala, supaya kondisi motor tetap baik. Motor
lama pun bisa tetap seperti baru. Rajin merawat motor dengan benar pasti
motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima. Berikut ini beberapa tips
cara merawat motor yang baik :
1. Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen
mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as
atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah
berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka
sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan
rekomendasi Pabrikan
2. Cek Kondisi Accu
Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang
akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambah Kan aki
pada pagi hari. Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah
melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub
positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi
tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan
arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.
Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan
baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada
komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu
diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan
distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk
menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.
3. Periksa Rantai dan Gear
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu
kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang
bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam
segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan,
kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?
4. Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke
busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan
pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan
keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin
kendaraan.
5. Perhatikan Selang Bensin
Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator.
Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi
retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak
elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang
terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan
suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem
pembakaran.
6. Panaskan Mesin paling lama 5 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-5
menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin
yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa
knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.
7. Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat
kembang ban motor rusak. Sesuaikan dengan tekanan yang dianjurkan,
biasanya tertera dalam buku manual motor.
8. Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.
9. Cek Baut Bodi Secara Berkala
Mungkin kita sering tidak menyadari kalau baut bodi suka gampang kendor.
Untuk memastikannya, cek secara berkala, tiap 1 minggu sekali misalnya.
Jangan mengencangkan baut terlalu kenceng banget, nanti takutnya yang
ada dudukan bautnya yang retak.
10. Servis di Tempat yang Terpercaya (Servis Resmi)
Servis di tempat servis resmi memang lebih mahal tapi terjamin, karena
mekaniknya sudah terlatih dan menggunakan peralatan canggih. Dalam
pengerjaannya pun sesuai dengan standar operasional. Tidak seperti di
tempat servi yang bukan resmi.
Servislah sesuai dengan buku petunjuk servis, buku petunjuk ini didapat ketika membeli motor pertama kali.
Buat agan ada info bagus nih, Cuma isi survei dibayar Rp 2.000,00/survei. Sehari bisa survei 100 data berarti dapat
Rp 200.000,00, Pelajari Selengkapnya di http://kerjapraktisonline.blogspot.com/
Di dukung oleh
Di Klick
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar