Meski diklaim bebas perawatan
(maintenance free) namun aki kering juga butuh perhatian. Berikut
beberapa hal yang meski lebih diperhatikan seputar aki kering.
Siapa bilang aki kering bebas perawatan. Bila digunakan sembarangan usia pakai aki jenis ini bisa pula bekurang dari daya tahan semestinya.
“Kalau pakainya ceroboh daya tahannya bisa kurang dari 1,5 tahun,” ujar Sales Manager PT Kamajaya Tri Laksana Budi Priyanto. PT Kemajaya Tri Laksana merupakan distributor aki merek Yuasa untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.
Pemakaian cerobah yang dimaksud Budi di sini adalah apabila si pengemudi sering membiarkan kendaraannya menerjang jalan rusak dengan kecepatan yang relatif tinggi.
“Kalau sering terjang jalan rusak kan otomatis aki juga sering bergoyang atau terbentur komponen lain, sehingga sel-sel di dalamnya bisa cepat rusak,” kata dia.
Selain itu, ketika pertama kali memasang aki jenis ini, sebaiknya diperhatikan seal baterai tersebut. Pedan Budi, jangan sampai seal-seal ini terbuka dan terkena udara bebas. “Debu bisa masuk dan merusak aki,” tegas dia.
Untuk jenis aki kering tertentu dimana elektrolitnya harus dimasukkan terlebih dahulu sebelum aki tersebut dipasang pada mesin, menurutnya, seal ini juga menjadi peranan yang penting. setelah seal bawaan pabrik dilepas untuk memasukkan elektrolit, maka kemudian harus segera ditutup kembali dengan seal dari elektorlit tersebut.
“Tutupnya harus yang rekat kalau perlu diketok pakai palu karet biar benar-benar rapat,” pesannya.
Jadi, bebas perawatan bukan berarti harus luput dari perhatian bukan
Siapa bilang aki kering bebas perawatan. Bila digunakan sembarangan usia pakai aki jenis ini bisa pula bekurang dari daya tahan semestinya.
“Kalau pakainya ceroboh daya tahannya bisa kurang dari 1,5 tahun,” ujar Sales Manager PT Kamajaya Tri Laksana Budi Priyanto. PT Kemajaya Tri Laksana merupakan distributor aki merek Yuasa untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.
Pemakaian cerobah yang dimaksud Budi di sini adalah apabila si pengemudi sering membiarkan kendaraannya menerjang jalan rusak dengan kecepatan yang relatif tinggi.
“Kalau sering terjang jalan rusak kan otomatis aki juga sering bergoyang atau terbentur komponen lain, sehingga sel-sel di dalamnya bisa cepat rusak,” kata dia.
Selain itu, ketika pertama kali memasang aki jenis ini, sebaiknya diperhatikan seal baterai tersebut. Pedan Budi, jangan sampai seal-seal ini terbuka dan terkena udara bebas. “Debu bisa masuk dan merusak aki,” tegas dia.
Untuk jenis aki kering tertentu dimana elektrolitnya harus dimasukkan terlebih dahulu sebelum aki tersebut dipasang pada mesin, menurutnya, seal ini juga menjadi peranan yang penting. setelah seal bawaan pabrik dilepas untuk memasukkan elektrolit, maka kemudian harus segera ditutup kembali dengan seal dari elektorlit tersebut.
“Tutupnya harus yang rekat kalau perlu diketok pakai palu karet biar benar-benar rapat,” pesannya.
Jadi, bebas perawatan bukan berarti harus luput dari perhatian bukan
SUMBER
http://otomotif.bilcyber.com/2009/08/24/cara-merawat-aki-kering
Semoga bermanfaat, sebagai ucapan trima kasih mohon partisipasinya isi Survei singkat berikut.
KLIK : LIKE
Baca Juga:
Semoga bermanfaat, sebagai ucapan trima kasih mohon partisipasinya isi Survei singkat berikut.
KLIK : LIKE
Baca Juga:
- 10 Resep Umpan Mancing Ikan Mas
- Trik Memancing Ikan Mas yang susah di pancing
- Tips Ikut Lomba Mancing Ikan Mas
- Cara membuat Facebook online terus meskipun kita o...
- Cara Melakukan Kebiasaan Yang Bisa Membuat Anda Me...
- Cara Agar Tidak Lapar Saat Berpuasa
- Panduan Teknisi Komputer – Cara Membuat Booting Ko...
Buat agan ada info bagus nih, Cuma isi survei dibayar Rp 2.000,00/survei. Sehari bisa survei 100 data berarti dapat Rp 200.000,00, Pelajari Selengkapnya di http://kerjapraktisonline.blogspot.com/
1 komentar:
terima kasih gan atas informasi nya
jangan lupa juga kunjungi blog saya di
antonrahmat.blog.stisitelkom.ac.id
Posting Komentar