Bloger mania bagi yang punya nongkrongan si Kebo alias Yamaha Byson, berikut ane kasih sedikit ilmu tentang cara perawatan Karburatornya, langsung simak aja ya,,,,,
Karburator
dapat diartikan sebuah jantung bagi sepeda motor kita gan. Karena,
tanpa piranti penyuplai bahan bakar ini, mesin motor tak akan berfungsi.
Untuk itulah perlu adanya perhatian khusus terhadap part ini. Adanya
kendala yang menghambat aliran bahan bakar pada karburator, dapat
membawa masalah pada tunggangan kesayangan anda. Perawatan
maupun setting karburator bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, karena
adanya bagian- bagian penting yang ada di dalam karburator ini, apabila
agan masih kurang yakin untuk mencobanya sendiri, lebih baik
menyerahkan kepada yang ahli. Karburator Standar BYSON berjenis vakum alias CV (Constant Velocity). Teknologinya sudah mengikuti teknologi karburator mobil,
pertimbangannya pasti soal konsumsi bahan bakar yang irit plus
buka-tutup gas yang halus.
Kinerja karburator vakum bisa terganggu jika salah dalam perawatan. Lalu bagaimana cara agar karbu vakum tetep bisa yahuud...
Sangat tidak disarankan buka boks filter udara. Memang awalnya tarikan
terasa lebih cepat, tapi kelamaan debu bisa menghambat gerakan skep.
Karena Skep di karburator vakum bahannya dari resin dilapis teflon. Lain
dengan skep karbu Konvensional yangberbahan logam berlapis krom.
Gara-gara kena debu, skep jadi macet dan lama kelamaan lapisan teflon
tergores, hasilnya motor susah langsam/nggak stabil.
Karet
karburator vakum. Posisinya ada di atas karbu dan ditutup lempengan
besi. Waktu servis nggak perlu dibuka karena kalau sampai salah rakit
sehingga karet terjepit maka dapat mengakibatkan kebocoran sehingga
putaran mesin jadi ngaco. Karet vakum juga nggak boleh kena bensin.
Bisa melar atau paling parah tidak bisa digunakan lagi. Harganya mahal
Brow so jangan sembarangan key.
Buat yang biasa korek karburator konvensional dengan memperbesar diameter venturi. Hal ini jangan dilakukan pada karburator vakum, resikonya skep bisa oblak yang bisa berakibat mesin susah hidup. Karburator vakum bekerja dengan tekanan udara dari crankcase dan intake. Jadi perhatikan kondisi selang vakum yang menuju karbu. Seumpama retak atau sobek, langsung ganti baru karena mesin bakal susah hidup. Kondisi karet pemegang karbu dan intake manifold tidak boleh ada kebocoran karena berimbas skep bakal susah naik. Termasuk klep masuk yang tak lagi rapat pun bisa bikin daya isap ke karbu vakum jadi memble...
Jadi, hati-hati brow.., Jangan sampai salah perawatan, niatnya mau merewat jadinya malah rusak.....
Next Artikel berikutnya modifikasi intake karburator yang berdampak pada performa BYSON yang jadi josssssssssssssss...
Semoga bermanfaat, sebagai ucapan trima kasih mohon partisipasinya isi Survei singkat berikut.
KLIK : LIKE
Semoga bermanfaat, sebagai ucapan trima kasih mohon partisipasinya isi Survei singkat berikut.
KLIK : LIKE
Sumber
http://www.dukundigital.com/2011/01/tips-merawat-karburator-vakum.htmlBaca Juga :
- Panduan Membangun Warnet
- Panduan Memasang Kabel UTP Untuk Jaringan
- Membuat Ukuran Box Subwoofer 10"
- Rangkaian Amplifier 100 Watt Sub-Woofer
- Tips & Trik Mancing
- Mengenal MCB dan Fungsinya (2)
- Mengenal MCB dan Fungsinya
- Cara Memperbaiki Remote Control
Buat agan ada info bagus nih, Cuma isi survei dibayar Rp 2.000,00/survei. Sehari bisa survei 100 data berarti dapat Rp 200.000,00, Pelajari Selengkapnya di http://kerjapraktisonline.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar